Bedah Formasi Sepak Bola

Biasanya dalam menerapkan taktik ini penyerang harus memiliki fisik yg tinggi besar agar menghasilkan berduel memenangkan bola. Sesudah si penyerang memenangkan duel udara, pemain di sekitarnya harus mendaptkan bola divagar atau second ball untuk hasil umpan panjang ini. Sedangkan untuk pemain gelandang atau lapangan tengah perlu menjelajah lapangan luas serta tugas kedua pemain ini adalah membangun serangan sekalian bertahan ketika timnya sendiri diserang. Penyerang tengah pada umumnya berperan sebagai target guy dan menjadi tujuan primer pemain lain untuk memberi bola. Posisi ini menuntut pemain untuk memiliki kecepatan dan dribble yang benar.

Sementara second striker di sepakbola modern kerap dianggap si nomor 10. Bek tengah atau terkadang dianggap stopper berposisi di jantung pertahanan. Pemain di gaya ini biasa berpostur tinggi dan kuat dalam menjaga arealnya.

Pemain ini biasa pun berperan dalam mengatur garis pertahanan untuk menjebak offside. Contoh pemain yang ramah di posisi ini adalah Sergio Ramos dan Thiago Silva. Posisi bertahan yg lebih ketat dilakukan akibat 2 gelandang yang lebih masuk kedalam. Sedangkan salah seorang gelandang agak kedepan membantu 3 striker (lihat peran Firman Utina pada tim Nasional Indonesia 2008/09).

Inter Milan lalu Timnas Italia sama-sama memakai formasi dasar 3-5-2, melalui sweeper berada di belakang dua bek tengah. Macam formasi permainan dalam bolakaki 4 – 2 ~ 4 juga bisa akhirnya menjadi formasi yang terdiri dri 4 pemain bek, two gelandang dan 4 penyerang. Dalam gaya permainan seperti ini, para pemain lebih banyak melakukan pergerakan lincah seperti menari-nari di lapangan untuk mengelabui lawan. Jogo Bonito juga sudah menjadi kebiasaan orang Brasil dalam bermain sepak bola. Di dalam soccer, bola panjang merupakan sebuah tendangan atau umpan jauh yang dilakukan kiper atau bek dari garis pertahanan mereka langsung ke lini depan.

Selain itu pemain ini membutuhkan kemampuan tekel dan membaca permainan lawan yang baik. Posisi ini biasa diberi untuk tugas khusus untuk mengawal striker lawan yang dianggap berbahaya.

Dua striker tersebut yang selalu membuat perhatian bek lawan teralihkan, kemudian tim jadi leluasa bagi gelandang lalu fullback untuk menyerang dari lini kedua. Strategi sepak bola ala Italia, sbarra memiliki arti “kunci gerendel” mengandalkan disiplin pertahanan keras dengan sesekali serangan balik, dan punya satu manfaat utama, yaitu memenangkan pertandingan. Kata “tahan” dalam pertahanan dan bertahan menjadi perkara mendasar dari strategi sepak bola yang sangat tradisional ini.

Kita bisa memadukan dua gelandang serang dengan dua gelandang bertahan untuk melakukan excess di area sentral sekaligus. Bisa kita lihat dalam fase bertahan, fleksibilitas gaya dua pemain ini amat membantu untuk menyederhanakan tugas tujuh pemain di belakangnya, karena hanya dua pemain ini saja yang tampaknya mendapatkan tambahan peran. Oleh tugas mayoritas pemain yang tidak terlalu rumit, ditambahkan dengan keuntungan satu pemain ekstra di belakang hal ini karena kita memang memakai tiga bek, fase bertahan saat memakai sangat bisa diandalkan. Bentuk fleksibilitas tersebut jadi sangat kelihatan jika harry sedang dalam fase tetap. Pengertian klasik dari playmaker biasanya merujuk pemain yg punya kemampuan mengendalikan ritme serangan sebuah tim.

Jika fitur paling kuat dari serangan lawan terletak di pivotnya (seringkali gelandang bertahan) baik itu single ataupun double pivot, kita bisa mengunci dua gelandang serang kita agar tetap dekat dengan mereka. Kalau ternyata area flank yang menjadi kekuatan utama versus, kita juga bisa menggeser gelandang serang kita untuk memperkuat area tersebut supaya membantu wingback.

Memakai hanya satu striker dalam skema tiga bek sendiri bukan merupakan sesuatu yang anyar. Varian lain seperti 5-4-1, 3-4-3, atau juga sebenarnya memakai satu striker tertentu. Pendekatan lain yang jua menjadi yang paling pantang menyerah adalah dengan menaikkan 2 fullback sekaligus untuk memperoleh dimensi serangan yang paling baik. Sedangkan untuk keseimbangan, gelandang bertahan yang maka akan mendapatkan tugas tambahan tuk menutup masing-masing celah dalam ditinggalkan fullback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *